25 November 2010

Coto Makassar

Tidak ada catatan resmi sejak kapan Coto Makassar atau Coto Mangkasara ditemukan dan siapa yang pertama kali menemukan serta memperkenalkannya. Sampai saat ini, orang hanya tahu bahwa makanan ini adalah hidangan khas Makassar yang diciptakan oleh rakyat jelata dari suku Makassar. Bahan dasar utamanya adalah daging dan jeroan (isi perut) sapi, seperti hati, babat, jantung, usus, dan limpah. Cara memasaknya, bahan dasar tersebut direbus terlebih dahulu hingga lunak, lalu dipotong kecil-kecil. Kemudian dicampur dengan kuah yang dimasak pada tempat terpisah. Kuahnya adalah campuran dari berbagai macam rempah-rempah yang kemudian ditambahkan dengan gilingan kacang tanah yang sudah digoreng. Pada saat akan disajikan, makanan ini ditambahkan dengan bawang goreng, daun seledri, jeruk nipis, ketupat, serta burasa dan sambal.

Hidangan Coto Makassar ini dapat ditemukan di berbagai tempat di Kota Makassar, mulai dari warung pinggir jalan hingga di restoran, dengan harga berkisar antara Rp. 3.500,- hingga Rp. 7.000,- per-porsi. Di Kota Makassar, ada beberapa lokasi pedagang Coto Makassar yang cukup terkenal, seperti di Jl. Gagak, di Panakukang, dan di Jl. AP. Pettarani. Warung-warung tersebut buka sejak pagi hari hingga tengah malam.

34 komentar:

adedeh...nyaman na tau a..jd kangen lg ma makassar..langgananq dl...di batu putih ma di coto nusantara..mash ada g y?...insya Allah..aq mau jalan jalan lg ntr ah ke makassar...

Ewako..

beghh...nusantara...ada terusji itu nusantara...
dak hilang2ji..hahahhahahay

di batu putih mo iya semua jenis minuman nia ngaseng,,,hohoho...

coto makassar yang di urip mantap!

selamat siang thanks untuk informasinya salam sukses

heheh enak nihh kalo lagi ujan-ujan makan soto heheh enak,enak,enak

Selamat siang gan thanks untuk informasinya semoga bermanfaat salam sukses

hmm..yummy
adi makin laper aja nech...

makasih infonya, pengin nyoba nih tapi gatau kapan :)

boleh di coba ngga tuh, lagi laper nih :) makasih jdi nambah daftr kuliner yang perlu di coba nih

selamat sore gan terimakasih untuk informasinya salam sukses :0

Bismillah ya Allah semoga hari ini bisa melewati berbagai macam masalah yang akan datang

wah siang-siang gini mantep tuh gan makan kaya gitu

wih jadi nambah deretan menu makanan yang belum ane makan nih

terima kasih untuk informasinya gan semangat selalu

artikel yang sangat menarik dan bermanfaat..thanks gan

panas-panas makan soto makasar sedep euy....

Post a Comment