06 April 2009

PROSESI PERNIKAHAN ADAT BUGIS MAKASSAR

Prosesi pernikahan yang dipakai oleh masyarakat Bugis-Makassar. Prosesi pernikahan ini dipertunjukkan di halaman Benteng Fort Rotterdam dan disaksikan oleh puluhan warga asing yang ikut Dalam acara Pasar Wisata TIME. Prosesinya antara lain Mappacci, Mappettu Ada, Pabbaji, dan sebagainya. Selain itu para peserta TIME juga disuguhi aneka makanan tradisional dari Makassar.

Pabbajikang
Ini adalah gambar dimana mempelai pria dan wanita disatukan dalam satu sarung. prosesi ini diberi nama pabbajikang. Yaitu prosesi yang mempertemukan kedua mempelai untuk pertama kalinya sebelum bersanding di pelaminan. Pabbajikang melambangkan status antara mempelai wanita dan pria yang sudah halal untuk satu sama lain. Biasanya salah satu orang yang dituakan seperti dalam gambar [yang memakai baju putih-red] membimbing kedua mempelai untuk menyentuh bagian tertentu seperti ubun-ubun, pipi dan bahu. dalam adat bugis, prosesi ini dinamakan Mappasikarawa.

Rombongan Erang-erang
Iring-iringan pengantin dalam baju bodo kuning yang bersiap menuju kediaman mempelai wanita. Masing-masing membawa hadiah yang akan diberikan sebagai persembahan atau erang-erang untuk pengantin wanita. Biasanya erang-erang tersebut berisi seperangkat alat sholat, sepatu, emas, kosmetik dan sebagainya. Rombongan gadis pembawa erang-erang umumnya terdiri dari 12 orang gadis remaja dan dikawal oleh keluarga pengantin pria.

Warren&Joyce
mereka adalah Warren Whittaker dan Joycelyn Hill yang ikut menyaksikan pagelaran adat perkawinan Makassar. Menurut mereka acara pernikahan di Makassar sangat unik dengan berbagai macam warna pakaian yang cerah. Berbeda dengan yang sering dilihatnya di lingkungannya di Sydney Australia. Joy baru empat bulan berada di Indonesia dan tidak merasa takut dengan berbagai macam pemberitaan yang sering ditemuinya di media massa. "yang salah adalah orang yang berbuat bukan Indonesianya" demikian kata Joyce ketika ditanya soal beberapa peristiwa peledakan yang menewaskan warga Australia.

Passompoa
Passompa adalah salah satu bagian penting dalam prosesi perkawinan. Passompa berarti dipanggulnya salah seorang anggota keluarga mempelai wanita yang termuda.

Paduan Suara Makassar
Ini adalah Paduan Suara Mahasiswa dari Universitas Hasanuddin. Mereka membawakan lagu-lagu daerah Sulawesi Selatan dalam pakaian adat Tanah Toraja.

4 komentar:

wah...gue punya cew makasar,, harus tau banyak tentang budaya n bahasa mereka biar g keki disana.
maksih banyak infonya...

maaf sy meminta pertolongan untuk keluarga besar Andi Syahril Wirawan Makmur Sa'da yg beralamatkan di Jl. Kalabiran no. 132,Panjojo, Desa Lasssang,Sulawesi Selatan, sy adalah nia widyastuti, ingin meminta bantuan anda semua bagi pembaca untuk mengingatkan kepada keluarga Andi Syahril Wirawan Makmur Sa'da, calon suami saya adalah Andi Fitrah Mu'minin,seorang pria yang bekerja di sebuah perusahaan, kami saling mencintai dan kami berjanji untuk menikah pada tahun depan, tetapi restu kami sulit peroleh dari ibu yg bernama Ibu Andi Rosalin, entah apa yg ada dipikiran ibu tersebut, dy selalu menentang kami, alasan kami tidak diizinkan krn kami berbeda derajat,sedangkan calon suami sy Andi fitrah mu'minin berpikiran bahwa cinta tidak mengenal kasta,dan tetap akan dsna dy berjuang sendirian, bagi pihak yg membaca komentar ini tolong bantu pasangan hidup sy dsna, karena hny dukungan para pembaca agar dapat bertemu dan bersatu kembali cinta kami,amin...sy mohon bantuannya, untuk dapat melepaskan andi fitrah mu'minin dari belenggu ketidakbahagiaannya..

kamis 1 november 2012, kemarin kami hampir bertemu di jakarta, akan tetapi terjegal oleh keluarga ibu andi rosalin yg selalu menghalagi kami, sy selalu sabar menunggu kedatangn fitrah mu'minin di jakarta karena fitrah mu'minin sudah berjanji untuk menikahi sy dan berjanji akan tetap menjadi pendamping hdup sy, sy mohn bgi pembeca yg mengetahui atau mengenal andi fitrah mu'minin d makasar, mohon untuk membantu fitrah mu'minin mendapatkan kebahagiaan seutuhnya...

Post a Comment