20 April 2009

Suku Kajang Di Kab. Bulukumba

Suku Kajang atau yang lebih dikenal dengan Adat Ammatoa adalah sebuah suku yang terdapat pada kebudayaan sulawesi selatan Masyarakat Kajang di bisa di jumpai pada Kabupaten Bulukumba lebih tepatnya kecamatan kajang. Sebuah Suku Klasik yang masih kental akan adat istiadatnya yang sangat sakral.

Masyarakat adat Ammatoa tinggal berkelompok dalam suatu area hutan yang luasnya sekitar 50 km. Mereka menjauhkan diri dari segala sesuatu yang berhubungan dengan hal-hal moderenisasi, kegiatan ekonomi dan pemerintahan Kabupaten Bulukumba. Mungkin disebabkan oleh hubungan masyarakat adat dengan lingkungan hutannya yang selalu bersandar pada pandangan hidup adat yang mereka yakini.

Hitam merupakan sebuah warna adat yang kental akan kesakralan dan bila kita memasuki kawasan ammatoa pakaian kita harus berwarna hitam. Warna hitam mempunyai makna bagi Mayarakat Ammatoa sebagai bentuk persamaan dalam segala hal, termasuk kesamaan dalam kesederhanaan. tidak ada warna hitam yang lebih baik antara yang satu dengan yang lainnya. Semua hitam adalah sama. Warna hitam menunjukkan kekuatan, kesamaan derajat bagi setiap orang di depan sang pencipta. Kesamaan dalam bentuk wujud lahir, menyikapi keadaan lingkungan, utamanya kelestarian hutan yang harus di jaga keasliannnya sebagai sumber kehidupan.

Suku Kajang dalam lebih teguh memegang adat dan tradisi moyang mereka dibanding penduduk kajang luar yang tinggal di luar perkampungan. Rumah-rumah panggung yang semuanya menghadap ke barat tertata rapi, khususnya yang berada di Dusun Benteng tempat rumah Amma Toa berada. Tampak beberapa rumah yang berjejer dari utara ke selatan. Di depan barisan rumah terdapat pagar batu kali setinggi satu meter. Rumah Amma Toa berada beberapa rumah dari utara.

Dalam bahasa bugis Konjo yang kental merupakan bahasa suku yang selama ini sebagai media kkomunikasi antar sesama masyarakat suku kajang.

Rumah Adat Suku Kajang bila kita melihat secara fisik tidak jauh beda dengan rumah adat masayarakat bugis makassar struktur yang tinggi dan masih mempergunakan kekayaan hutan disekitar untuk membuatnya

Begitu banyak Kebudayaan yang dimiliki oleh Masyarakat Bugis Makassar sudah sepantasnya lah kita melestarikan kebudayaan tersebut. Suku Kajang salah satu dari sekian banyaknya budaya nusantara yang masih kental akan adat istiadatnya.

Sumber : http://lagaligo.net dan http://www.syamsoe.com

34 komentar:

makassar terbagi atas 4 proto

1. makassar lakiung
2. makassar turatea
3. makassar konjo/kajang
4. makassar selayara/selayar

jadi bukan bugis konjo..
yg ada makassar konjo..
ingat bung..
kami tdk terimah bugisasi..
bugisasi = pemusnahan identitas
lagi pula dgn alasan apa orang bugis gencar melakukan bugisasi?????
dan apakan pantas dan tdk malu suka bangsa macam makassar mau di bugiskan... risih melihat tulisan2 orang bugis di media dsb.
saya heran...

Selamat pagi terimakasih untuk informasinya semoga bermanfaat yahhsala jum'at :)

Selamat siang thakns untuk informasinya tetap semangat yahh alam sukses

Salam sukses terimakasih untuk informasinya semoga bermanfaat dan selamat pagi

infonya selalu bermanfaat untuk kami . Teri ma kasih telah update terus artikel di website anda.

Very energetic article, I enjoyed that a lot.

Terimakasih untuk informasinya gan salam sukses :)

thanks untuk semua infonya semoga bermanfaat

selamat siang menjelang sore gan tetap semangat yahh

Terima kasih untuk informasinya semoga dapat bermanfaat :)

thanks udah mau bagi ilmunya ya gan salam sukses :)

Terima kasih untuk informasinya gan salam sukses :)

Salam sukses,di tunggu informasi berikutnya

Post a Comment